Tujuan :
Membuat model 3D menggunakan teknik polygon modelling.
Alat dan Bahan :
Blender 2.73a
Dasar Teori :
Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
Polygon Modeling
polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan
Edit Mode
atau shortcut-nya tombol TAB.
Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.
Petunjuk Praktikum
- Membuat kursi menggunakan primitive only
- Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
- Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
https://www.youtube.com/watch?v=kOV6y1NBOO4 - Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
- Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing
Gambar referensi
KESIMPULAN :
Dari hasil percobaan di atas , dapat diketahui jika menggunakan primitive only maka harus menyusun berbagai objek sehingga membentuk suatu benda, membuat file menjadi besar karna menumpuk berbagai objek tidak effisien dan terkadang hanya untuk membuat model yang simple
Jika menggunakan polygon kita hanya menggunakan 1 objek kemudian kita edit mode sehingga bisa menghasilkan berbagai bentuk tanpa menumpuk numpuk objek dan sangat mempermudah dalam modelling.
0 komentar:
Posting Komentar