Selasa, 14 Oktober 2014

Berita Anak Jalanan

Solusi Pemerintah Untuk Anak Jalanan


Anak jalanan semakin banyak, Tidak hanya kota-kota besar, desa pun juga banyak, faktor utama penyebab makin banyak nya anak jalanan yaitu kemiskinan. Sampai tahun ini anak jalanan berjumlah 420.000 anak jalanan se-indonesia. Hal ini membuat pemerintah menseriusi masalah anak jalanan ini, mulai dari menganggarkan dana untuk anak jalanan ini. hingga membuat panti rehabilitasi anak jalanan.

Pemerintah sudah mengupayakan untuk menangani masalah anak jalanan yang tiap tahun nya semakin banyak, seperti kementerian sosial yang menyerahkan bantuan berupa uang total 150 juta kepada seratus anak jalanan , masing-masing RP 150 ribu per bulan.
Kak seto yang merupakan KOMISI PERLINDUNGAN ANAK juga menyerukan agar tidak memberi anak jalanan uang saat meminta-minta atau mengamen di jalanan, Asumsinya jika anak jalanan merasa jalanan sudah tidak menjadi tempat yang mengguntungkan maka mereka akan berhenti untuk sendiri nya.

Pemerintah Pusat juga membuat UPT panti sosial bina karya. Salah satu contoh UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang ada saat ini yaitu Panti Sosial bina karya "Pangudi Luhur", Bekasi. Panti sosial ini mempunyai tugas rehabilitasi sosial tuna sosial anak jalanan yang bersifat preverentif, kuratif, promotif dalam bentuk resosialisasi serta bimbingan lanjut bagi para anak jalanan, agar mampu mandri berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat erta pengajian dan penyiapan standart pelanan dan rujukan. Panti sosial ini memberikan pelatihan keterampilan sesuai bidang yang di inginkan seperti menjahit, otomatif, pertukangan, tata boga, selama enam bulan.

Source : http://www.tempo.co/read/news/2014/06/26/173588296/Anak-Jalanan-Gratis-Bersekolah-dan-Dapat-Santunan
http://alwanrafif.blogspot.com/2013/09/kebijakan-pemerintah-dalam-mengatasi.html
http://health.liputan6.com/read/2027544/420000-anak-jalanan-ada-di-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar