Selasa, 07 April 2015

Laporan praktikum 6 ANIMASI 3D

Praktikum 3D Modelling menggunakan blender.

Tujuan :

Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender

Alat dan Bahan :

Blender 2.73a

Dasar Teori :

Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers

Primitive Modeling

Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.

Polygon Editing

Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing

Modifiers

Salah satu fasilitas 3D modeling menggunakan blender adalah adanya modifiers. Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array.
berikut adalah contoh penggunaan subdivision modifier


berikut adalah contoh penggunaan mirror dan array dalam pembuatan kursi


Petunjuk Praktikum

  1. Buatlah Pitcher dan Teko menggunakan subdivion multiplier. Ikuti tutorial berikut untuk contoh pembuatan yang bisa ditiru.
  2. Buatlah Kursi menggunakan mirror dan array seperti tutorial berikut
Hasil Praktikum :
Kesimpulan :
Setelah melakukan percobaan di atas dapat di ketahui jika dalam modelling blender, menu modifier sangat membantu dalam modelling. seperti modifier subdivision yang membuat benda yang semula kasar menjadi halus. Modifier mirror yang membuat kita kerja setengah hasil maksimal, dengan membuat 1/2 dari model maka 1/2 nya lagi akan mengikuti yang kita buat. kemudian modifier array yang memungkinkan kita untuk mengandakan objek secara sistematis dengan hanya mengedit objek awalnya / induknya.

0 komentar:

Posting Komentar