Pratikum membuat "Ball Bouncing Across the Screen" dengan PENCIL 2D
Tujuan :
- Agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti cara membuat Ball Bouncing Across the Screen dengan aplikasi PENCIL 2D
- Agar mahasiwa mampu mengoperasikan aplikasi 2D dan memahami tentang animasi 2D
- PC / Laptop / Mac
- Aplikasi PENCIL 2D
- WACOM
Dasar Teori :
Jika sebelum nya membuat bouncing ball / ball yang memantul dari atas ke bawah secara vertikal. Pada pratikum kali ini mahasiswa di haruskan membuat Ball Bouncing Across the Screen di mana seperti gambar di bawah ini:
Terlihat di awal pantulan bola bergerak cepat , hingga selanjut nya pantulan - pantulan bola semakin lambat dan melemah. bergerak secara horizontal.
Hasil Pratikum dan Analisa :
Pertama - tama Buka software PENCIL 2D.
- Menggambar lingkaran dengan draw tool di layar vector , agar lingkaran tampak sempurna , gunakan modify tool untuk merapikan lingkaran agar terlihat bulat sempurna
- Membuat garis dari polyline tool di layar bitmap untuk garis pantul
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian taruh posisi bola yang di gandakan tadi di bawah persis bola memantul seperti gambar di bawah ini
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian taruh posisi bola yang di gandakan tadi di bawah persis bola memantul seperti gambar di bawah ini
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian bola di taruh di bawah agak jauh dari objek sebelum nya sehingga terkesan bola jatuh dengan cepat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian saat bola menyentuh / membentur garis maka ubah ukuran bola menjadi gepeng / penyet sehingga seperti objek terlihat menyentuh garis. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola, karna bola memantul keatas maka taruh bola berdekatan dengan objek sebelum nya, hal ini di maksud kan karna saat bola memantul ke atas terkena gaya grafitasi bumi sehingga loncatan nya akan lambat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola, karna bola memantul keatas maka taruh bola berdekatan dengan objek sebelum nya, hal ini di maksud kan karna saat bola memantul ke atas terkena gaya grafitasi bumi sehingga loncatan nya akan lambat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola, karna bola memantul keatas maka taruh bola berdekatan dengan objek sebelum nya, hal ini di maksud kan karna saat bola memantul ke atas terkena gaya grafitasi bumi sehingga loncatan nya akan lambat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola, karna bola memantul keatas maka taruh bola berdekatan dengan objek sebelum nya, hal ini di maksud kan karna saat bola memantul ke atas terkena gaya grafitasi bumi sehingga loncatan nya akan lambat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola, karna bola memantul keatas maka taruh bola berdekatan dengan objek sebelum nya, hal ini di maksud kan karna saat bola memantul ke atas terkena gaya grafitasi bumi sehingga loncatan nya akan lambat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian bola di taruh di bawah agak jauh dari objek sebelum nya sehingga terkesan bola jatuh dengan cepat. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola kemudian saat bola menyentuh / membentur garis maka ubah ukuran bola menjadi gepeng / penyet sehingga seperti objek terlihat menyentuh garis. seperti gambar di bawah ini.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola.
- Pilih tombol + atau add key di layar vector, gandakan objek/bola.
0 komentar:
Posting Komentar