Minggu, 21 September 2014

Laporan Pratikum 3

Pratikum membuat "Balok Bata Jatuh dari Meja" dengan PENCIL 2D

Tujuan :
  1. Agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti cara membuat Animasi Balok bata yang jatuh dari meja dengan aplikasi PENCIL 2D
  2. Agar mahasiwa mampu mengoperasikan aplikasi 2D dan memahami tentang animasi 2D
Alat dan Bahan :
  1. PC / Laptop / Mac
  2. Aplikasi PENCIL 2D
  3. WACOM

Dasar Teori :

Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi tersebut
  1. Timing and Spacing
timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.

sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.

Timing and Spacing (http://hiwulan.blogsopt.com)
  1. Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
    pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut

    Arcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)

Hasil Pratikum dan Analisa :


Pertama - tama Buka software PENCIL 2D.
  • Menggambar meja dengan draw tool di layar bitmap , membuat objek di layar vector.

                           














Hasil Akhir :





Sekian dan terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar