Rabu, 24 Juni 2015

Laporan praktikum 13 ANIMASI 3D

Praktikum bouncing ball with rigid body di blender.

Tujuan :

Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender.

Alat dan Bahan :

Blender 2.73a
Low Poly Characterl



Dasar Teori :
A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi
         

         
             Contoh bola memantul(bouncing ball) tersebut merupakan kombinasi dari                          beberapa konsep animasi sekaligus diantaranya


                 1.       Timing and Spacing
              Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan      
              oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action      
              tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi 
              yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang   
              kurang pas. Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah                   benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau       
              dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
                        berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.


                2.        Arcs (lintasan gerak)
                        Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada                            gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
                        Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk                                lengkungan sebagai berikut







B. Blender Dope Sheet Editor

Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.

C. Blender Graph Editor

Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.

D. Motion Paths

Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.


5. Petunjuk Praktikum

  • Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
  • Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
  • Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing

Hasil Praktikum :



Kesimpulan :
Dengan menggunakan rigid body kita bisa membuat objek mempunya massa / berat, kemudian dapat mengatur kecepatan dari objek serta dapat membuat objek tersebut memantul / bouncing serta menciptakan efek gravitasi bumi pada objek sehingga seakan-akan objek tersebut bergerak karna gaya grafitasi bumi. 

Related Posts:

  • Praktikum 1 - HTML5 Audio Tag HTML5 Audio Tag Prak 01 – Audio Tag  1. Tujuan Mahasiswa dapat mengenal cara menyajikan file audio menggunakan HTML 2.Alat & Bahan RapidPHP 3. Dasar Teori 1. HTMLHyper Text Markup Language (HT… Read More
  • Laporan praktikum 13 ANIMASI 3DPraktikum bouncing ball with rigid body di blender. Tujuan : Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender. Alat dan Bahan : Blender 2.73a Low Poly Characterl … Read More
  • Laporan praktikum 14 ANIMASI 3DPraktikum Tata lampu 3 point lighting di blender Tujuan : Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting Alat dan Bahan : Blender 2.73a https://drive.google.com/file/d/0BxDGvGQJHH_OZ0NMTm… Read More
  • Praktikum 2 Audio Tag HTML5 Audio Tag Prak 02 – Audio Tag dengan button dan slider 1. Tujuan Mengubah tampilan HTML5 Audio Player menggunakan CSS 2.Alat & Bahan RapidPHP3. Dasar Teori 1. HTMLHyper Text Markup Language (HTML)… Read More
  • Praktikum 3 Video Player HTML5 Video Player Prak 03 – HTML5 Video  1. Tujuan Mengenal cara menyajikan file Video menggunakan HTML5 dan Jquery. Membuat Icon pada tombol di video seperti play,pause,stop menggunakan font awesome 2.Alat &am… Read More

1 komentar: