Tujuan :
Membuat Bouncing ball Exercise
Alat dan Bahan :
Blender 2.73a
Dasar Teori :
A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi

Contoh bola memantul(bouncing ball) tersebut merupakan kombinasi dari beberapa konsep animasi sekaligus
diantaranya
diantaranya
- Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.
- Arcs (lintasan gerak)
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikutArcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.

B. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.

C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.

D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.

Pada saat membuat bouncing ball hal yang palin susah yaitu mengatur dope sheet dan F-Curve dari pergerakan bola nya. Dengan mengatur kedua tersebut maka dapat di hasilkan bouncing ball yang sesuai.
0 komentar:
Posting Komentar