Minggu, 12 Oktober 2014

Laporan Pratikum 6

Pratikum membuat "Character Blinking" dengan PENCIL 2D


Tujuan :
  1. Agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti cara membuat Animasi Character Blinking dengan aplikasi PENCIL 2D
  2. Agar mahasiwa mampu mengoperasikan aplikasi 2D dan memahami tentang animasi 2D
Alat dan Bahan :
  1. PC / Laptop / Mac
  2. Aplikasi PENCIL 2D
  3. WACOM

Dasar Teori :

 Anticipation

Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan melompat, seseorang yang tadinya berdiri harus ada gerakan ‘membungkuk’ terlebih dulu sebelum akhirnya melompat.






Squash and Stretch
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup (misal: manusia, binatang, creatures) akan memberikan ‘enhancement’ sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/action tertentu, sementara pada benda mati (misal : gelas, meja, botol) penerapan squash and stretch akan membuat mereka (benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.

Contoh ketika sebuah bola dilemparkan. Pada saat bola menyentuh tanah maka dibuat seolah-olah bola yang semula bentuknya bulat sempurna menjadi sedikit lonjong horizontal, meskipun kenyataannya keadaan bola tidak selalu demikian. Hal ini memberikan efek pergerakan yang lebih dinamis dan ‘hidup’.



Timing and Spacing
Grim Natwick, seorang animator Disney pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.


Contoh Timing: Menentukan pada detik keberapa sebuah obyek/karakter berjalan sampai ke tujuan atau berhenti.
Contoh Spacing: Menentukan kepadatan gambar (yang pada animasi akan berpengaruh pada kecepatan gerak).


Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih realistik, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Sebagai contoh, Arcs ditunjukkan pada lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola di udara.




Appeal
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Kita bisa dengan mudah mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas. Kita juga bisa melihat style animasi buatan Disney atau Dreamworks cukup dengan melihatnya beberapa saat. Hal ini karena mereka memiliki appeal atau gaya tersendiri dalam pembuatan karakter animasi.

Hasil Akhir :

Sekian dan terimakasih

Related Posts:

  • Laporan praktikum 11 ANIMASI 3DPraktikum walk cycle di blender. Tujuan : Membuat rigging untuk sebuah karakter bipedal (dua pedal/dua kaki). Diimplementasikan menggunakan blender 2.7 rigging using rigify. Alat dan Bahan : Blender 2.73a Low Poly Charact… Read More
  • Laporan praktikum 9 ANIMASI 3DPraktikum Bouncing ball Exercise Tujuan : Membuat Bouncing ball Exercise Alat dan Bahan : Blender 2.73a Dasar Teori : A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi Bola mantul melewati layar … Read More
  • Laporan praktikum 6 ANIMASI 3DPraktikum 3D Modelling menggunakan blender. Tujuan : Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender Alat dan Bahan : Blender 2.73a Dasar Teori : Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya: 1. Primitive Mo… Read More
  • Laporan praktikum 10 ANIMASI 3DPraktikum walk cycle di blender. Tujuan : Membuat animasi walk cycle. Alat dan Bahan : Blender 2.73a Biped Rig by Nathan Vegdal Dasar Teori : A. Walk Cycle Pose Sebuah walk cycle dapat disusun dengan mengikuti acuan p… Read More
  • Laporan praktikum 7 ANIMASI 3DPraktikum basic material dan texturing di blender. Tujuan : Mengenal cara mewarnai obyek 3D (3D model) Alat dan Bahan : Blender 2.73a Dasar Teori : Ada banyak cara untuk mewarnai 3D model. Secara umum ada 3 bagian y… Read More

0 komentar:

Posting Komentar